I've Learned #6: Turning Point

July 08, 2018


Titik balik dalam hidup itu bukan untuk menghukummu
A lot of things happened for a few past months. Bertemu dengan beberapa teman-teman baru atau teman-teman lama yang jarang bertatap muka. Entah bagaimana caranya, akhirnya dari pembicaraan haha-hihi, kami tergiring pada pembicaraan yang lebih dalam soal kehidupan. Kehidupan yang pernah, sedang dan akan kami masing-masing jalani. Peristiwa-peristiwa yang mengubah hidup.

Melalui fitur terbaru Instagram, Ask A Question, aku melemparkan pertanyaan kepada teman-temanku:


Dan inilah jawaban-jawaban mereka:



Dan ini yang kualami:


Setiap orang punya caranya sendiri untuk bertumbuh. Tuhan juga punya maksud meletakkan kita di situasi-situasi tidak nyaman yang sudah, sedang atau pun akan kita alami. Dengan apa yang pernah kualami kemarin, beberapa hal ini yang bisa kucatat dan kutulis di sini sebagai pengingat:
  • Pelihara dan sayangilah orang tua, selagi masih ada. Apalagi kalau sudah tinggal satu. Lewat merekalah segala doa dan harapan baik menemukan jalannya, menemui kita di dunia ini. Jika keduanya sudah tidak ada, doakan mereka, tetap rajut kerinduan terhadap mereka.
  • Sebelum mengalami hal-hal soal ditinggalkan atau patah hati yang teramat dalam (patah hati bukan hanya soal asmara), posisikan diri untuk selalu siap menghadapinya. 
  • Jangan menunggu berhadapan sendiri dengan kejadian-kejadian yang mengubah hidup, belajarlah dari pengalaman orang lain. Atau sebelum berhadapan dengannya, ubah diri kita sendiri jadi orang yang lebih mandiri dan kuat.
  • Tetaplah menjalani hidup dengan sebaik-baiknya, pasca ditinggalkan. Karena mereka yang sudah pergi lebih dahulu menginginkan kita mengenang mereka dengan baik dengan bisa bangkit dari kubangan kesedihan.
  • Titik balik bukanlah hukuman, tetapi stage dalam hidup yang musti dilewati. Tiap orang akan mengalaminya, dengan cara berbeda dan waktu yang berbeda. Tapi pasti akan mendapat giliran.
Semoga kita semua bisa memaknai setiap kejadian dalam hidup kita dengan baik. Tetap semangat untuk semuanya :)


You Might Also Like

0 comments

Flickr Images