Mindfullness

July 03, 2017

Pulang kerja berlomba dengan matahari terbenam
Libur Lebaran 1 minggu kemarin, rasanya kok cepet tapi kurang. Selama libur kemarin, nggak banyak kegiatan menulis yang aku lakukan sih memang. Sehari-hari nonton Youtube, bebersih lemari, masak. Paling baru sorean keluar rumah ketemu teman. Jian klimbrak-klimbruk koyo kumbahan teles :))

Nah, aku ada kegiatan baru yang aku sukai sejak teras di rumah jadi bersih, yaitu melamun sore-sore. Kadang sambil minum teh. Kadang sambil luluran. Kebanyakan ya sambil ngglosoh buka-buka socmed di handphone.

Sebagai orang pulang kerja berlomba dengan matahari terbenam dan tutupan portal karena kemalaman, beberapa hari libur kemarin aku bersyukur bisa punya waktu ngowoh gitu. Rasanya sudah lama aku itu sibuk dalam pikiran maupun perbuatan. Makan sambil ngetik, balas e-mail sambil buka CMS kerjaan lain, berpindah dari satu tab ke tab yang lain.

Tapi lama-lama yo capek sendiri lho. Memang multitasking itu membunuh, perlahan-lahan. Sungguh. Entah, jadi kurang menikmati hidup soalnya selalu tergesa-gesa. Selalu merasa 24 jam itu kurang, padahal 8 jam-nya aku habiskan untuk ngorok.

Itulah kenapa aku sangat menghargai waktu libur, walau tidak ke mana-mana hanya di rumah. Aku sangat menghargai waktu kumpul-kumpul bersama teman-temanku, walau cuma di pinggir jalan ngopi-ngopi remeh. Buatku itu hiburan yang mahal, supaya otot otak nggak tegang-tegang amat. Lha mau liburan agak jauh, nggak bisa ninggal rumah :"

Satu hal yang ingin aku pelajari dan ubah dalam hidupku adalah belajar fokus dan melakukan segala sesuatunya dengan perhatian penuh. Nggak separuh-separuh. Nggak grusa-grusu. Mungkin cukup susah ya, karena aku terbiasa kerja cepet sat-set. Tapi harusnya ada saat-saat tertentu aku bisa switch ke mode mindfullness dan menghargai momen.

Menghabiskan hari terakhir di libur Lebaran total 10 hari kemarin, sore hari aku dan Mas Astu duduk-duduk di sebuah cafe di pinggir sawah, di Kepanjen (iya, niat pol ke Kepanjen). Minum jamu & kopi dan ngobrol-ngobrol (ngrasani Vladimir Putin).

Minum Sinom segini pengen langsing? Huh, barusannya aja makan nasi cumi hitam seporsi!

You Might Also Like

1 comments

  1. ada apa dengan Vladimir Putin, Mbak? Klo aku sih suka ngerasani ketampanannya... eh, ini Vladimir Putin asli atau KW maksudnya???

    ReplyDelete

Flickr Images